Sejarah Desa

SEJARAH DESA

 

Desa Suwawal adalah desa yang terletak di tengah antara kota Kecamatan dan Kabupaten, dilintasi jalan propinsi, disambungkan dengan jalan beraspal menghubungkan satu dusun dengan dusun yang lain atau satu desa dengan desa yang lain. Desa Suwawal terbagi ke dalam 5 (Lima) dusun yakni Dusun Kumborawi, Jeruksaari, Ngipik, Demeling Tengah dan Demeling Kidulkali, terdiri dari  04 (empat) Rukun Warga (RW) dan 33 (tiga puluh tiga) Rukun Tetangga (RT).

Kehidupan masyarakat Desa Suwawal adalah agamis tidak kurang dari 7 Pondok Pesantren, 3 Madrasah Ibtidaiyah, 4 Madrasah Diniyah, 5 TPQ, 5 TK, 4 Sekolah Dasar, 1 SMPN, 1 MTss, 1 SMAN dan 6 PAUD berdiri dan berkembang, interaksi sosial masyarakatnya sagat harmonis dan rukun, satu sama lain saling menghargai dan menghormati sehingga tercipta lingkungan yang kondusif, aman, tentram kertaraharja dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kegotongroyongan dalam membangun.

Pada zaman penjajahan Jepang Kepala Desa disebut Petinggi, Petinggi inilah bertugas memimpin dan menggerakan roda kedesaan, yang kerjanya hanya sebatas pengawasan ketertiban dan keamanan semata tidak berbentuk pemerintahan seperti sekarang.

Dengan   demikian    Desa    Suwawal   yang   sedianya   meliputi  27 Blok diganti dengan 5 Dusun, sehingga ada beberapa blok yang digabung sesuai luas wilayah. Perubahan nama blok tersebut sebagai berikut:

  • Blok Ketapang, Sebito, perjit, Pule, Baseno, Ngetuk dan Boro menjadi dusun Kumborawi
  • Blok Nawang, Jerukgulung, Donoyo,Ringin, Pelem menjadi dusun Jeruksari
  • Blok Jetak,Grojokan dan Ngipik menjadi dusun santren
  • Blok Tegal, Krajan, Belik Suto, Belik Ayu, Jodak Rakiman, menjadi Dusun Demeling Tengah
  • Blok Watukatil, Jelokan,Kalisono, Sumorejo, Singonangsang,dan Kelambi menjadi dusun Demeling Kidul Kali

1.2  Keadaan Geografis

Desa Suwawal mempunyai luas wilayah 590.480 ha dengan jumlah penduduk 11.308 orang yang terdiri dari laki-laki 5.721 orang dan perempuan 5.557 orang. Sedangkan jumlah Kepala Keluarga 3.205 KK dengan jumlah KK termasuk gakin sebanyak 2.003  KK.

Adapun batas wilayah Desa Suwawal sebagai berikut:

  • Sebelah Utara     :  Desa Sinanggul dan Jambu
  • Sebelah timur      :  Desa Slagi dan Suwawal Timur
  • Sebelah selatan   :  Desa Mambak dan Wonorejo
  • Sebelah barat      :  Desa Mororejo dan laut Jawa

Dilihat dari topografi dan kontur tanah, Desa Suwawal secara umum berupa pertanian 93.410 Ha, Perkebunan 81.500 Ha Pemukiman 238.401 Ha Tegalan 177.149 Ha Prasarana Umum 5,200 Ha, Kuburan dll 3,900 Ha yang berada pada ketinggian antara 100 s/d 1000 m diatas permukaan laut. Dengan suhu rata-rata 29 s/d 35 celcius. Orbitasi dan jarak tempuh Desa Suwawal ke ibu kota kecamatan 3 km, dengan waktu tempuh 5 menit dari ibu kota kabupaten 10 km dengan waktu tempuh 15 menit Ibu kota Propinsi 75 Km Dengan waktu tempuh 2 Jam.